Ngaji

Doa yang Terbaik

cak kus

Oleh: Kiai Kuswaidi Syafi’i, Pengasuh Pesantren Maulana Rumi Sewon Bantul

DOA yang terbaik itu adalah kesiapan secara spiritual untuk mentransendensikan segala yang diterima dari Allah Ta’ala. Sehingga dengan demikian, pada setiap karunia itu akan tumbuh sayap ketulusan dan cinta yang akan terbang secara ontologis kepada hadiratNya.

Kalau di negeri ini ternyata masih banyak terjadi ketimpangan dan ketidakadilan sosial, itu tidak menjadi indikasi bahwa Allah Ta’ala tidak sayang kepada hamba-hambaNya. Tapi semata karena penduduk negeri ini, baik para penguasa maupun rakyatnya, sama-sama tidak memiliki kesiapan untuk menyongsong karunia perubahan pada kondisi yang diharapkan.

Memang pasti ada segelintir orang yang begitu semangat, dan karena itu wajib kita dukung, membidani lahirnya perubahan yang ideal itu. Tapi apa boleh buat, jumlah mereka tergencet oleh mayoritas yang tidak memiliki atau tidak mau mengerahkan kesiapan bagi lahirnya perubahan itu. Adanya money politics dalam setiap pemilihan, dari mulai tingkat kepala desa sampai tingkat presiden, yang masih marak adalah bukti nyata dari ketidaksiapan kedua belah pihak sekaligus. Yaitu penguasa dan rakyat. Sungguh, betapa penting wadah yang tangguh bagi datangnya karunia Allah Ta’ala dalam kehidupan sosial kita.