gus dur
Politik

Belajar 5 Rahasia Berpolitik Kepada Gus Dur

Mengapa Gus Dur bisa bertahan sedemikian lama dalam percaturan politik Indonesia?

Cak Imin yang sudah puluhan tahun belajar politik dan mendampingi Gus Dur, mengungkap lima rahasianya.

Pertama, Gus Dur mengajarkan kepada kita bahwa memasuki dunia politik memerlukan kesabaran dan kesediaan untuk menjadikannya sebagai proses perjuangan jangka panjang. Gus Dur mengajarkan, tujuan politik seharusnya tidak diraih dengan cara-cara yang instan.

Kedua, Gus Dur membangun jalur politiknya sebagai cendekiawan rakyat. Kekuatan politik Gus Dur bukan semata-mata pada kepiawaian manuver politik yang diperagakan. Namun lebih pada kekuatan struktur pengetahuan yang dibangun untuk menjelaskan yang terjadi dan bagaimana proyeksi masa depannya.

Ketiga, Gus Dur adalah tokoh yang selalu menjaga hubungan baik dengan semua kalangan. Bagi Gus Dur, politik adalah silaturahim.

Keempat, Gus Dur adalah sosok yang memiliki semangat hidup yang luar biasa dan kepercayaan diri yang tinggi. Dua hal itu menjadikan Gus Dur mampu mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi, termasuk masalah usia dan kesehatannya.

Kelima, dalam beberapa kasus, Gus Dur menyatakan bahwa politik adalah hal yang tidak untuk dikomunikasikan. Ada banyak pemikiran dan sikap politik Gus Dur yang terus menjadi tanda tanya sampai saat ini. Dan Gus Dur juga tidak pernah menjelaskan secara utuh apa yang menjadi tujuannya.

Itulah Gus Dur. Sosok santri yang menjelma menjadi cendekiawan rakyat dan pemimpin politik yang sangat berpengaruh, sebagaimana disampaikan oleh Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Al-Fatihah…

(Penulis: Lukman H Zuhdi)

 

donasi bangkit

Advertisement

Fans Page

Advertisement